الأربعاء، 20 فبراير، 2013

REFLEKTOR DALAM FOTOGRAFI UNTUK FOTO OUTDOOR

            Kalau suka foto portrait outdoor, sebuah reflektor adalah aksesoris lighting yang murah meriah dan efektif. Fungsi reflektor adalah memantulkan cahaya ke subjek foto sehingga subjek foto terlihat lebih terang. Reflektor paling efektif saat langit mendung atau cahaya dari belakang (backlight).
Untuk foto portrait model outdoor, reflektor yang bagus dengan permukaan warna emas atau perak Pantulan cahaya untuk reflektor warna emas agak kekuningan membuat kulit model menjadi lebih bersinar. Bukan hanya itu, di mata juga ada pantulan cahaya yang biasa dinamakan “catch light.” Pantulan bulatan itu membuat mata lebih hidup.
 Pantulan cahaya untuk reflektor wara Perak, membuat kulit model terlihat bersih dan glossy, dan menampakkan cahaya sekitar menjadi lebih terang.
 
Penempatan juga perlu diperhatikan dengan cermat, di luar ruangan, kita harus mencari arah cahaya (biasanya dari atas/langit), maka dari itu reflektor biasanya di tempatkan agak dari bawah. Selanjutnya kita harus benar-benar memperhatikan pantulan cahaya yang jatuh ke subjek foto. 

Kadang cahaya jatuh ke leher/badan daripada ke wajah sehingga pencahayaan jadi kurang merata. Hindari juga penempatan reflektor yang terlalu dekat, karena jatuhnya cahaya membuat wajah menjadi serem (seperti hantu di film horor hehe).

Membuat reflektor Sendiri
Sobat dapat membuat reflektor murah dari sepotong karton (sebuah kotak kardus tua), silver foil (kertas perak), kertas putih dan perekat semprot. Gunakan perekat semprot untuk menempelkan foil pada satu sisi kardus dan kertas putih untuk sisi yang lain dan sekarang Sobat memiliki reflektor sendiri :D . ini dapat digunakan untuk melakukan bouncing (pemantulan) cahaya dan dengan demikian bertindak sebagai cahaya kedua atau fill light.



ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق